snow

Selasa, 05 Februari 2013

KOMPONEN PENTING KARBURATOR

KOMPONEN PENTING KARBURATOR

by muhaimin_suyonk on 09:11 PM,6 february 2013
Selamat malam semuanya..
malam ini nha akan mencoba untuk share tentang komponen-komponen yang terdapat pada karburator..
sebenernya komponen-komponen pada karburator sangat banyak, contoh pada sepeda motor Honda karisma ajja sampai 27 komponen, tetapi sebelumnya nha mohon maaf, karena mungkin tidak semua komponen karburator itu nha sebutkan disini, nha sebutkan bagian terpentingnya saja.
Semoga seseorang yang request tetang bagian karburator ini tidak merasa kecewa..

Karburator merupakan alat yang berperan penting pada sepeda motor, yang berfungsi untuk mencampurkan udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator yang tidak berfungsi dengan baik akan mempengaruhi suplai bahan bakar.

Komponen-komponen penting pada karburator diantaranya:


1. Tabung Skep.



Berfungsi membuka lubang venturi, sehingga udara yang dibutuhkan makin besar. dalam tabung skep terdapat pegas yg berfungsi untuk mengembalikan tabung Skep ke posisi semula saat handle gas di lepas.
2. Jarum skep / Jet needle


Jarum skep ini berada di dalam tabung Skep tugasnya membuka debit bahan bakar, semakin terangkatnya jarum skep, maka debit bahan bakar yang masuk ke venturi semakin banyak. Jarum skep memiliki setelan klip. Jika posisi klip semakin di bawah, bahan bakar semakin boros. begitu juga sebaliknya.
3. Main Jet


Berfungsi untuk mensuplai bahan bakar di saat mesin putaran tinggi.
4. Pilot Jet


Berfungsi buat mensuplai bahan bakar di putaran rendah (stasioner) hingga 4.000 rpm. Saat gas di tarik suplai pun berangsur hilang dan beralih ke Main jet yg akhirnya digantikan secara penuh oleh main jet di putaran atas.
5. Idle Screw


Idle screw bertugas menaikkan atau menurunkan rpm engine. Semakin ke dalam (di putar ke kanan), baut akan mendorong tabung skep naik ke atas.
6. Air screw


Bekerja mengatur campuran udara dan bahan bakar ideal. Setiap motor punya setelan berbeda. Tapi, biasanya 2 hingga 2,5 putaran setelah ditutup habis.
7. Pelampung & Jarum pelampung ( Float & Float valve)


Kedua part ini berfungsi sebagai keran buka-tutup aliran bensin dari tangki bahan bakar.
Ketika bensin di mangkuk karbu penuh, maka jarum yg berada di lidah pelampung akan menutup aliran bensin yang masuk. Di dalam mangkuk juga terdapat pipa yang tugasnya membuang bensin yang penuh di mangkuk.

Itulai uraian singkat nha pada postingan kali ini..
terimakasih atas kunjungannya..
semoga bermanfaat..
Tq

Tidak ada komentar:

Posting Komentar